Home » » Guru Harus Mampu Mengolah Situasi 4 C

Guru Harus Mampu Mengolah Situasi 4 C

Guru Harus Mampu Mengolah Situasi 4 C
Salah satu hal yang sedikit berbeda dalam penerapan K13 edisi revisi 2017 diantaranya adalah adanya PPK, walaupun sebenarnya dahulu juga sudah pernah dibahas tentag pendidikan karakter. namun di tahun pelajaran 2017/2018 ini sangat mengharapkan bisa dikondisikan. Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, salah satu kunci kesuksesan pendidikan penguatan karakter (PPK) adalah guru.

Guru Harus Mampu Mengolah Situasi 4 C img

Harapannya timbul adanya sinergi dalam membangun pendidikan. Itu sebabnya beban kerja guru harus diatur sedemikian rupa sehingga selain bisa memenuhi kewajiban sertifikasi juga menjadi pihak yang harus bisa membangun sinergi tripusat pendidikan.

Apa saja Tripusat Pendidikan?
"Tripusat itu adalah sekolah, masyarakat dan keluarga. Guru harus mampu menjadikannya beririsan satu sama lain sehingga siswa terbentuk karakternya tidak hanya dari jam tatap muka di kelas saja, tetapi juga dengan lingkungan dan masyarakat," terang Guru Besar Universitas Negeri Malang ini dalam pernyataan resminya, seperti yang dilansir dalam jpnn.com.

Apa saja itu 4 C?
Dalam PPK, lanjut Muhadjir, guru harus mampu mengolah situasi agar siswa memiliki 4C. Yakni, critical thinking, communication skill, creativity and innovation, serta collaboration.

"Untuk itu pembelajaran tidak hanya mengandalkan kelas. Guru harus bisa mengajak siswa lebih aktif, memecahkan masalah, bekerja dalam tim, saling menghormati dan menghargai," ujarnya.

Ia menyebutkan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 sebagai pintu masuk penerapan PPK melalui pengaturan jam kerja guru.



-->

0 komentar:

Post a Comment