Home » » Kriteria Implementasi Kurikulum 2013 Pasca Evaluasi K 13

Kriteria Implementasi Kurikulum 2013 Pasca Evaluasi K 13

Kriteria Implementasi Kurikulum 2013 Pasca Evaluasi K 13

Kriteria Implementasi Kurikulum 2013 Pasca Evaluasi K 13 ~ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus ngebut membahas skema baru implementasi Kurikulum 2013 (K-13). Di antaranya menetapkan kriteria kelayakan sekolah yang bakal menjalankan kurikulum anyar itu. Seperti diketahui pada aturan baru, K-13 diterapkan secara terbatas. Ya gonjang-ganjing implementasi K 13 sudah mulai dalam titik terang tentang mau seperti apa pada awal tahun 2015 diterapkan.

Implementasi Kurikulum 2013 Pasca Evaluasi K 13

Seperti dilansir dalam jpnn.com, Ketua tim evaluasi K-13 Kemendikbud Suyanto mengatakan, mereka dikejar batas waktu penuntasan pembahasan evaluasi sebelum awal tahun. Hal ini karena skema baru implementasi K-13, yang terbatas penerapannya, direncanakan dijalankan mulai semester genap tahun pelajaran 2014-2015.

Kriteria Kelayakan Sekolah Pelaksana K 13
Mantan Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud itu mengatakan, rapat K-13 yang berjalan hingga kemarin fokus menetapkan kriteria-kriteria kelayakan sekolah. Guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menjelaskan, kriterianya bakal ada banyak. Namun kriteria apa saja yang bakal ditetapkan, keputusannya ada di tangan Mendikbud.

Suyanto mencontohkan beberapa kriteria kelayakan sekolah untuk menjalankan K-13, antara lain :
1. sekolahnya harus terakreditasi A,
2. kepala sekolah dan sebagian guru harus sudah mengikuti pelatihan implementasi K-13
3. Kriteria lainnya adalah guru-guru di sekolah harus sudah bersertifikat profesi,
4. rasio jumlah guru ideal dan buku-buku K-13 harus sudah berada di sekolah semuanya.

Dengan beberapa kriteria itu, Suyanto berharap impelementasi K-13 di tahun 2015 nanti dapat berjalan mulus.

Disamping itu sekolah yang belum memiliki buku,  tidak dipaksanakan untuk menjalankan K-13.

Distribusi Buku K 13 Semester 2
Saat ini distribusi buku-buku K-13 untuk semester genap sudah mulai berjalan. Pendistribusian buku SMP, SMA, dan SMK lebih baik dibanding untuk jenjang SD.

Suyanto mengatakan paling cepat minggu depan Kemendikbud sudah bisa memutuskan jumlah sekolah yang siap menjalankan implementasi K-13. Diantara sekolah yang berpotensi menjadi pilot project implementasi K-13 adalah 6.325 unit sekolah percontohan periode 2013 lalu.

Kembali ke KTSP bagi yang belum melaksanakan K 13
Lantas bagaimana dengan sekolah yang belum melaksanakan K 13?  Nantinya bagi sekolah yang diputuskan belum layakan menerapkan K-13, tidak perlu kecewa. Sekolah-sekolah itu akan dikembalikan ke Kurikulum 2006 yang sering disebut kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).



-->

0 komentar:

Post a Comment