Home » » Hasil Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013

Hasil Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013

Hasil Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013

Hasil Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 img
Hasil Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 ~ Selamat bertemu dengan Info Data Guru Terbaru, ada kesempatan yang baik ini Info Data Guru Terbaru akan posting seputar Revisi Kurikulum 2013. Pada kesempatan ini Implementasi Kurikulum 2013 sedang dalam proses evaluasi, di mana pada posting sebelumnya ada 3 Opsi tentang pelaksanaan K 13, Pada kesempatan ini sudah mulai ada titik terang opsi mana yang akan digunakan. Yang jelas yang sangat mungkin adalah bukan menghapus Kurikulum 2013. Berikut ini adalah kutipan berita seputar Hasil Evaluasi K - 13yang bersumber dari jpnn.com

Kepastian Pelaksanaan Kurikulum 2013

Kepastian nasib K-13 itu diambil setelah Mendikbud menerima laporan dari tim evaluasi kurikulum yang diketuai guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Suyanto. Rapat  tentang laporan evaluasi K 13 berlangsung di kantor Kemendikbud kemarin pagi. Setelah mengikuti penyampaian laporan evaluasi K 13 akhirnya Mendikbud (Anies) menuturkan bahwa  opsi yang ia pilih bukan menghapus K-13.

Mendikbud juga menegaskan, kurikulum yang dibentuk pada masa pemerintahan sebelumnya tidak dijalankan untuk semua sekolah seperti saat ini.   Dalam rapat yang berlangsung, Mendikbud mengatakan ia dan jajaran petinggi Kemendikbud mencari solusi atas konsekuensi penerapan K-13 secara terbatas itu. Apakah nanti akan kembali menjalankan pembelajaran berbasis Kurikulum 2006 yang dikenal dengan sebutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), atau ada perlakuan khusus lainnya.   "Saya sekarang ada di posisi maju kena dan mundur juga kena," ujar mantan rektor Universitas Paramadina, Jakarta itu.

Maksudnya kurang lebih adalah jika Mendikbud terus menjalankan K-13 secara menyeluruh seperti saat ini, akan ada kecaman menjalankan kurikulum yang belum siap. Sebaliknya jika menjalankan kembali K-13 secara bertahap, bakal ada yang mengkritik bagaimana nasib siswa yang sudah terlanjur menjalankannya.   Mendikbud mengelak keputusannya merupakan bentuk kompromi untuk menjembatani pihak yang pro dan kontra atas implementasi K-13 itu.

Keputusan Hasil Evalasi K 13
Keputusan kembali menjalankan K-13 secara terbatas ini adalah murni diambil untuk kepentingan siswa.   Namun sampai saat ini belum bisa memastikan jumlah sekolah yang akan diputuskan menjalankan K-13. Karena memang salah satu materi rapat tersebut, menetapkan kriteria-kriteria sebuah sekolah itu siap atau tidak. Secara garis besar salah satu yang jelas akan melaksanakan K 13 Intinya bukan hanya dari kelompok sekolah grade-A (bekas RSBI), tetapi juga dari kelompok sekolah di bawahnya.

Harapannya  dalam waktu dekat bisa ditetapkan sekolah mana saja yang menjalankan K-13.   Sementara itu Ketua tim evaluasi Suyanto mengatakan, pemilihan opsi yang ditetapkan Mendikbud masuk kategori moderat.

Menurut Suyanto opsi menghentikan K-13 di tengah jalan seperti saat ini, adalah sebuah kebijakan yang ekstrim. Begitu pula ketika memilih opsi melanjutkan K-13 yang sekarang banyak masalahnya, tentu akan menambah panjang daftar masalah.

Apapun hasil akhir Hasil Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 diharapkan akn tetap memberikan yang terbaik bagi negeri ini, dan tentunya bagi pelaksana di lapangan dapat lebih mudah.


-->

0 komentar:

Post a Comment