Home » » Rencana Moratorium Kurikulum 2013

Rencana Moratorium Kurikulum 2013

Rencana Moratorium Kurikulum 2013
Rencana Moratorium Kurikulum 2013 ~ Selamat bertemu dengan Info Guru Terbaru, pada kesempatan yang baik ini Info Data Guru Terbaru akan posting seputar "Rencana Moratorium Kurikulum 2013". Bahwa ternyata yang mengalami moratorium ataupun penghentian sementara tidak hanya dalam hal penerimaan CPNS. Seperti berita berikut yang bersumber dari jpnn.com, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka peluang moratorium kurikulum 2013 (K-13). Peluang itu dimungkinkan dengan di-review-nya pelaksanaan K-13 oleh tim kurikulum.

Moratorium Kurikulum 2013

Menurut Mendikbud Anies Baswedan menjelaskan, review tersebut difokuskan pada materi ajar untuk siswa kelas I, IV, VII, dan X. Jika dalam evaluasi ditemukan masalah pada materi belajar empat kelas tersebut, K-13 akan ditunda terlebih dahulu.

Adapun mengenail soal tim kurikulum, Mendikbud menjelaskan bahwa pihaknya tengah membentuk tim baru yang terdiri dari unsur guru yang bersinggungan langsung dengan para siswa, baik SD, SMP, maupun SMA, dengan memasukkan mereka ke tim kurikulum, akan lebih mudah mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pendidikan anak-anak Indonesia.

Dengan masuknya unsur guru itu juga akan menggeser beberapa posisi profesor dan guru besar yang sebelumnya kerap mengisi tim kurikulum. Meski peran profesor dan guru besar tersebut menjadi salah satu pertimbangan, pengetahuan mereka akan keperluan anak-anak yang masih duduk di SD akan jauh berbeda dengan guru yang setiap hari bersama para siswa itu.

Karena itu, mantan rektor Universitas Paramadina tersebut betul-betul menyeleksi dengan baik nama-nama yang akan masuk tim kurikulum yang baru. Bahkan, dia telah menolak beberapa nama dan merevisi daftar calon anggota tim kurikulum.

Sementara itu, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) sudah bersuara agar Mendikbud Anies Baswedan mau menghentikan penggunaan kurikulum 2013. Jika terus digunakan, dipastikan kurikulum itu merugikan siswa.

Beberapa temuan hasil review di beberapa buku,  Kompetensi dasar ada di buku, nggak ada di silabus. Ada di silabus, tapi nggak ada di buku.



-->


0 komentar:

Post a Comment