Home » » Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013

Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013

Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013

Pelatihan Kurikulum 2013. Salam Pendidikan dan selamat bertemu dengan Info Sertifikasi Guru, pada kesempatan yang baik ini Info Sertifikasi Guru akan posting dengan tema Kurikulum 2013, dengan judul posting "Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013" Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) telah siap melaksanakan pelatihan bagi calon instruktur nasional (IN) dan guru sasaran (GS). Selasa (1/4/2014), dipilih sejumlah LPMP sebagai hari pertama pelaksanaan pelatihan bagi calon instruktur nasional yang akan berlangsung hingga 72 jam ke depan.

Jadwal Pelatihan Calon Instruktur/Narasumber Kurikulum 2013

Kepala LPMP provinsi Sumatera Utara, Bambang Winarji saat dihubungi melalui telepon mengatakan, dalam satu kelas, pelatihan dipandu oleh dua narasumber nasional dan dua panitia dari LPMP. Sebelum pelatihan dimulai, seorang narasumber terlebih dahulu menampilkan hasil pelatihan yang ia peroleh di tingkat nasional.

“Hal ini dilakukan untuk menyamakan persepsi tentang Kurikulum 2013, supaya instruktur nasional dapat menyampaikan hal yang sama kepada guru sasaran, sehingga gaung, alur, serta penyampaiannya sama,” ujar Bambang.

Pelatihan Calon Instruktur Nasional Kurikulum 2013
Dalam pelatihan instruktur nasional ini, pihaknya juga telah mengatur model pelatihan sesuai dengan petunjuk teknis yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Bambang menambahkan, dalam rapat koordinasi yang digelar di tingkat provinsi, seluruh pihak berkomitmen menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013 ini.

Jadwal Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013
Pelatihan bagi instruktur nasional di provinsi Sumatera Utara melibatkan sekitar 858 orang untuk instruktur nasional tingkat sekolah dasar, dan 772 orang untuk tingkat SMP/SMA/SMK. Pelatihan dilaksanakan sepanjang April hingga awal Mei 2014, masing-masing angkatan digelar selama tujuh hari.

Sementara itu, Kepala LPMP provinsi Jawa Barat, Totoh Santoso menjelaskan, pihaknya melatih sekitar 1.350 calon instruktur nasional yang disiapkan untuk melatih guru sasaran pada pertengahan Mei mendatang. Ia menargetkan ada sekitar 900-an calon instruktur peserta yang lolos untuk direkomendasikan sebagai pelatih guru sasaran. “Dengan guru sasaran yang berjumlah 64.250-an orang, 900 instruktur nasional dinilai mencukupi, dengan catatan mereka akan melatih sebanyak 4 kali pelatihan,” ujar Totoh.

Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013
Ia meyakini, pelatihan tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat waktu yang ada cukup lama sebelum tahun pelajaran 2014/2015 dimulai. Instruktur nasional diberikan kesempatan untuk mengendapkan materi pelatihan yang telah diperoleh, sehingga mereka memiliki waktu untuk menganalisis dan mempersiapkan diri melatih guru sasaran. “Kami harapkan instruktur nasional lebih matang dalam menyampaikan materi pelatihan kepada guru sasaran,” tambahnya.

Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013
Pihaknya juga berharap, pelatihan tahun ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tidak ada gangguan dalam implementasi Kurikulum 2013 di lapangan. Ia meyakini, Kurikulum 2013 menjadi salah satu cara dalam penyiapan generasi emas mendatang yang lebih baik. “Kita bekerja optimal menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013. Kunci keberhasilan pelaksanaan kurikulum ada di LPMP, karena LPMP menyiapkan IN yang sesuai dengan kebutuhan Kurikulum 2013,” tandas Totoh.

Sumber : kemdikbud.go.id

Keywords : Pelatihan Calon Instruktur Nasiona Kurikulum 2013, Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013, Pelatihan Calon Narasumber Kurikulum 2013, Kurikulum 2013

-->

 Pelatihan Calon Instruktur Nasiona Kurikulum 2013, Pelatihan Calon Instruktur Kurikulum 2013, Pelatihan Calon Narasumber Kurikulum 2013 pict

0 komentar:

Post a Comment