Home » » Penelitian : PENGARUH RUANG KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS 2 WONOSOBO

Penelitian : PENGARUH RUANG KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS 2 WONOSOBO

In English Version Clik Here
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Era globalisasi dunia saat ini mempengaruhi semua aspek bidang kehidupan baik di bidang ekonomi, sosial maupun budaya. Tidak terkecuali bidang pendidikan Indonesia saat ini. Upaya peningkatan telah ditempuh melalui berbagai jalur. Mulai dari nilai standar kelulusan Ujian Nasional, pemberian gelar terhadap sekolah berprestasi juga dengan peningkatan mutu guru itu sendiri.

Akan tetapi, dari semua cara untuk meningkatan pendidikan itu sendiri, ada hal kecil yang mungkin tidak disadari yang berperan dalam proses peningkatan prestasi belajar siswa yang nantinya akan berpengaruh juga pada peningkatan prestasi pendidikan di Indonesia.

Hal kecil itu adalah “Ruang Kelas” , ruang kelas ini merupakan tempat dimana para siswa menyerap ilmu yang didapat. Ruang kelas itu sendiri merupakan rumah kedua bagi seorang siswa dalam belajar.

Tidak menutup kemungkinan jika ruang kelas itu nyaman, indah, bersih dan kondusif dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. Seperti kata pepatah “Place is heart” (tempat adalah hati). Jadi tempat itu berpengaruh besar pada kondisi seseorang dalam mengkondisikan dirinya ditempa ia berada. Seorang siswa yang belajar dalam ruang kelas yang bersih, nyaman, indah dan kondusif cenderung memiliki semangat dan motivasi yang tinggi. Ruang kelas itu dijadikan sebagai tempat yang paling menyenangkan dalam belajar sehingga prestasi itu pun dapat diraih dengan mudah. Namun sebaliknya jika ruangan kelas kotor dan gaduh, tentunya proses kegiatan belajar mengajar akan terhambat sehingga presasi siswa menurun.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka rumusan masalah penelitian ini adalah :
1. Bagaimana pengaruh ruang kelas terhadap peningkatan motivasi dan semangat belajar siswa SMA 2 Wonosobo ?
2. Bagaimana cara menciptakan suasana kelas yang kondusif agar tercipta prestasi belajar yang baik ?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menyimpulkan permasalahan dengan metode kualitatif. Tujuan penelitian ini antara lain :
1. Untuk mengetahui apakah ruangan kelas berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa.
2. Untuk megetahui kondusifnya ruang kelas untuk peningkatan prestasi sekolah SMA 2 Wonosobo.
3. Untuk mengetahui cara meningkatkan prestasi siswa SMA 2 Wonosobo untuk peningkatan mutu sekolah.

Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi :
1. Bagi Pembaca
Dengan mengetahui pengaruh ruang kelas terhadap prestasi belajar siswa, maka diharapkan dapat dipakai sebagai bahan acuan untuk menyelesaikan cara belajar sehingga diperoleh prestasi yang bagus.
2. Bagi Penulis
Diharapkan agar dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan memberikan pengalaman belajar yang menumbuhkan kemampuan keterampilan meneliti serta pengetahuan yang lebih mendalam terutama pada permasalahan yang diangkat.

PEMBAHASAN MASALAH

Ruang kelas merupakan tempat yang cukup berpengaruh dalam peningkatan motivasi dan semangat belajar siswa. Ruang kelas yang nyaman tidak hanya dilihat dari bentuk bangunan tetapi juga sikap bagaiaman penghuni kelas itu memanfaatkannya.

Berikut akan dijelaskan arti kata satu demi satu sehingga disusun menjadi keseluruhan judul yang membentuk simpulan dari permasalahan penelitian ini. Pengaruh adalah Daya yang timbul dari sesuatu larangan benda yang ikut membentuk cetak, kepercayaan dan perbuatan seseorang (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005 : 849). Ruang adalah Sela-sela antara dua (deret) tiang / sela-sela antara empat tiang (1964). Kelas adalah Ruangan tempat belajar di sekolah (530). Terhadap adalah Kata depan untuk menandai arah, kepada lawan (380). Prestasi adalah Hasil yang telah dicapai dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya (895). Belajar adalah Berlatih supaya mendapat suatu kepandaian. Siswa Berlatih supaya mendapat suatu kepandaian. Sekolah adalah Bangunan / lembaga untuk belajar dan memberi pelajaran (889). Menengah adalah Pergi ke tengah, sedangkan tidak besar dan tidak terlalu kecil (1172). Atas adalah Bagian tempat yang tertinggi tingkat tinggi. Dua Bilangan yang lebih tinggi, tingat tinggi. Wonosobo diambil dari kata Wono : hutan dan sobo : banyak dikunjungi, jadi Wonosobo adalah kawasaan hutan yang banyak dikunjungi.





Kesimpulan

Suatu ruangan kelas bisa berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Kondisi kelas yang kurang kondusif bisa menyebabkan menurunnya tingkat konsentrasi siswa dalam mengikuti proses belajar siswa, namun sebaliknya kondisi kelas yang mendukung serta kondusif memberikan kesan yang berbeda bagi para penggunannya, terutama para siswa. Dengan ruangan kelas yang nyaman, tenang dan menyenangkan para siswa akan lebih nyaman dengan proses KBM, tentunya hal ini akan mendukung kemajuan prestasi dalam sekolah.

Saran

Ruangan kelas yang baik dan kondusif tidak hanya dilihat dari ruangan kelas saja, tergantung juga kondisi para siswa. Kedua faktor itu sangat berpengaruh untuk proses kemajuan proses belajar mengajar untuk itu kita harus menjaga dan memelihara kondisi dan situasi kelas agar tercipta suasana kelas yang kondusif dan bermanfaat besar bagi penggunanya terutama siswa itu sendiri.

0 komentar:

Post a Comment